slide

Sabtu, 30 Oktober 2010

PIS 10-07 Generasi Printer

Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis/ mencetak pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-headprinter tersebut.
Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.
Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.

Cara Kerja Printer Dot Matrix
Dot Matrix mengacu pada cara printer menciptakan karakter atau gambaran di atas kertas. Ini dilaksanakan oleh beberapa jarum/pin kecil, yang dibariskan dalam suatu kolom, membentur suatu pita tinta memposisikan antara pin dan kertas, menciptakan titik pada kertas itu. Karakter disusun atas pola itik dengan menggerakkan printhead secara menyamping ke seberang halaman dalam kenaikan yang sangat kecil.
Pin/jarum, terdapat di printhead tersebut, dengan panjang sekitar satu inci dan dikemudikan oleh beberapa pendorong memaksa masing-masing pin menitik/menjepit pita tinta dan menutupi kertas pada suatu waktu tertentu. Kekuatan pada pendorong ini datang dari tarikan yang magnetis dari gelang kawat kecil ( solenoid ) yang diberi tenaga pada situasi tertentu, tergantung pada karakter yang akan dicetak. Pemilihan waktu isyarat mengirim kepada solenoid diprogramkan ke dalam printer untuk masing-masing karakter, dan menterjemahkan dari informasi yang dikirim oleh computer karakter yang mana untuk dicetak.
Keuntungan yang utama printer dot matrix adalah serbaguna, yang mampu mencetak surat dalam huruf miring atau tebal dengan hanya mengubah cara menitik yang diatur diatas kertas. Apalagi, printer dot matrix relative murah dibnadingkan dengan yang lain seperti printer laser. Akhirnya, Printer dot matrix digunakan ketika kertas digunakan untuk format cetakan tembusan, dan lain lain. Proprinter mempunyai sembilan jarum/pin.

Cara Kerja Printer Inkjet
Inkjet adalah teknologi cetak non impact. Droplet – droplet tinta diemisikan dari nozzle dan printer secara langsung menuju posisi spesifik pada sebuah substrat untuk menciptakan suatu gambar (image). Operasi printer inkjet adalah sangat mudah untuk divisualisasi; head printer men-scan halaman secara horizontal, menggunakan motor untuk menggerakkannya ke kanan dan ke kiri dan ke belakang, motor satunya memutar kertas secara vertikal. Satu strip gambar telah dicetak, kemudian kertas bergerak dan siap untuk strip berikutnya. Untuk mempercepat pencetakan, head printer tidak hanya mencetak satu baris (row) horizontal pixel tiap gerakan, namun juga mencetak row vertical pada saat yang sama.

Cara Kerja Printer Laser
Akhir-akhir ini printer inkjet/konvensional mulai ditinggalkan. Pengguna computer berpindah pada printer laser, yang menjanjikan berbagai keuntungan. Tapi tahukah anda, bagaimana printer laser bekerja?
Printer laser bekerja menggunakan prinsip listrik statis. Prinsip ini juga yang mendasari bagaimana kilat bias sampai di tanah dan lain sebagainya. Listrik statis adalah muatan listrik yang terdapat pada benda/objek yangterisolasi, seperti balon dan tubuh manusia. Listrik statis ini, digunakan printer sebagai lem sementara. Komponen inti dari sistem ini adalah photoreceptor, berupa drum atau silinder. Drum ini terbuat dari bahan yang sangat fotokonduktif.
Drum
Drum diberikan muatan positif . Drum lalu berputar, printer memancarkan laser kecil ke permukaan untuk melepaskan poin tertentu. Laser pun akan menarik surat-surat dan gambar yang akan dicetak sebagai sebuah pola muatan.
Setelah pola diatur, printer melapisi drum toner bermuatan positif - halus, hitam bubuk. Karena memiliki muatan positif, para toner menempel di daerah dibuang negatif drum, tetapi tidak bermuatan positif. Hal ini seperti menulis pada kaleng soda dengan lem, kemudian menggulungnya di atas beberapa tepung: Tepung hanya menempel pada bagian lem berlapis dari kaleng, sehingga Anda berakhir dengan sebuah pesan yang ditulis dalam bedak.
Fuser
Setelah kertas melewati drum, maka kertas akan melewati fuser/pemanas. Pada bagian ini, tinta pada kertas akan dikeringkan,sehingga akan keluar dalam keadaan kering, dan tidak basah.
Penghubung PC-Printer
Sebelum printer laser dapat bekerja, printer harus menerima data halaman dan mencari cara bagaimana susunan cetakan sesuatu di atas kertas. Tugas ini adalah tugas printer controller.
Printer controller adalah printer laser onboard utama komputer. Berkomunikasi dengan host komputer (misalnya, PC) melalui port komunikasi, seperti paralel port atau USB port. Pada awal pekerjaan pencetakan, printer laser menetapkan dengan host komputer bagaimana mereka akan bertukar data. Kontroler mungkin harus memulai dan menghentikan komputer host secara berkala untuk memproses informasi yang telah diterima.
Bahasa Kontroller
Untuk printer host controller dan komputer untuk berkomunikasi, mereka harus berbicara dalam bahasa deskripsi halaman yang sama. Pada awal printer, komputer mengirim semacam khusus file teks dan kode sederhana memberikan printer format dasar informasi. Sejak awal ini printer hanya punya beberapa font, ini adalah proses yang sangat sederhana.
Menyiapkan Halaman
Setelah data terstruktur, Pengendali mulai menempatkan halaman . Menetapkan margin, mengatur kata-kata dan grafis apapun.Ketika halaman tersebut diatur, maka prosesor gambar raster (RIP) memerlukan data halaman, baik secara keseluruhan atau sepotong demi sepotong, dan mengelompokkannya menjadi array titik-titik kecil. Seperti yang akan kita lihat pada bagian berikutnya, printer memerlukan halaman di formulir ini sehingga laser dapat menulis di atas photoreceptor drum.
Di sebagian besar printer laser, Pengendali menyimpan semua pekerjaan cetak-data dalam memori sendiri. Ini memungkinkan pengontrol meletakkan pekerjaan pencetakan yang berbeda ke dalam antrian sehingga dapat bekerja melalui mereka satu per satu waktu. Hal ini juga menghemat waktu ketika mencetak beberapa salinan dari sebuah dokumen, karena hanya komputer host untuk mengirim data sekali.
Laser Majelis
Sejak itu benar-benar menarik halaman, printer laser sistem - atau laser scanning perakitan - harus sangat tepat. Pemindaian laser tradisional perakitan meliputi:
- Laser
- Cermin bergerak
- Lensa
Laser halaman menerima data yang membentuk teks dan gambar. Ketika sinar bergerak di drum, laser memancarkan cahaya pulsa untuk setiap titik yang akan dicetak, dan tidak ada denyut nadi untuk setiap titik ruang kosong.
Laser tidak benar-benar memindahkan berkas itu sendiri. Sinar itu memantul dari cermin yang dapat bergerak sebagai gantinya.Sebagai cermin bergerak, itu menyorotkan sinar melalui serangkaian lensa. Sistem ini gambar mengkompensasi distorsi yang disebabkan oleh jarak bervariasi antara cermin dan titik sepanjang drum.
Menulis Halaman
Laser assembly bergerak dalam satu bidang, horizontal.
 Setelah setiap horisontal scan, printer menggerakkan drum photoreceptor membuat takik sehingga perakitan laser dapat menggambar baris berikutnya. Sebuah mesin cetak kecil komputer mensinkronisasikan semua ini dengan sempurna, bahkan pada kecepatan yang memusingkan.
Beberapa laser printer menggunakan strip memancarkan dioda cahaya (LED) untuk menulis halaman gambar, daripada sebuah laser. Masing-masing posisi dot berdedikasi memiliki cahaya, yang berarti printer telah mencetak satu set resolusi. Sistem ini untuk memproduksi lebih murah daripada laser benar majelis, tetapi mereka menghasilkan hasil yang lebih rendah. Biasanya, Anda hanya akan menemukan mereka di lebih murah printer.
Toner Dasar
Salah satu hal yang paling khas tentang printer laser (atau fotokopi) adalah toner. Toner adalah bubuk bermuatan listrik dengan dua bahan utama: pigmen dan plastik.
Fungsi pigmen adalah menyediakan warna (hitam, dalam sebuah printer monokrom) yang mengisi teks dan gambar. Pigmen ini dicampur ke dalam partikel plastik, sehingga toner akan mencair ketika melewati fuser panas. Toner kualitas ini memberikan sejumlah keuntungan atas cairan tinta. Terutama, erat mengikat serat di hampir semua jenis kertas, yang berarti teks tidak akan dengan mudah noda atau berdarah.
Mencetak Toner
Proses mencetak printer toner ke gambar elektrostatik di drum dimulai dengan menyimpan bubuk ke dalam gerbong toner, wadah kecil yang dibangun menjadi sebuah casing dilepas. Mengumpulkan printer toner dari gerbong dengan unit pengembang.The “pengembang” sebenarnya adalah kumpulan kecil, manik-manik magnet bermuatan negatif. Manik-manik ini melekat pada rol logam yang berputar, yang menggerakkan mereka melalui toner toner dalam gerbong.
Karena mereka bermuatan negatif, manik-manik pengembang mengumpulkan partikel toner positif ketika mereka melalui. Roller kemudian sikat manik-manik melewati perakitan drum. Citra elektrostatik muatan negatif yang lebih kuat daripada pengembang manik-manik, sehingga drum menarik partikel toner pergi.
Drum kemudian bergerak di atas kertas, yang memiliki muatan yang lebih kuat dan sehingga merebut toner. Setelah mengumpulkan toner, kertas segera diberhentikan oleh detac korona kawat. Pada titik ini, satu-satunya yang menjaga toner pada halaman gravitasi - jika Anda meniup pada halaman, Anda akan benar-benar kehilangan gambar. Halaman harus melalui fuser untuk affix the toner. Fuser rol yang dipanaskan oleh lampu tabung kuarsa internal, sehingga plastik di toner meleleh saat melewati.
Untuk menjaga toner agar menempel pada fuser gulungan,bukan halaman, maka fuser gulungan harus dilapisi dengan Teflon, sama bahan antilengket yang membuat sarapan Anda tidak menempel ke bagian bawah penggorengan.


Mengenal Printer dan Teknologinya

Teknologi Printer
Dari waktu ke waktu, teknologi printer terus berkembang sehingga mau tidak mau bagi seseorang yang selalu berhubungan dengan komputer dan peralatan lainnya harus terus mengikuti perkembangan tersebut. Printer dalam bahasa Indonesianya berarti pencetak (alat cetak). Istilah 'printer' saat ini sering digunakan untuk menyebut alat cetak yang terhubung dengan komputer. Untuk menghubungkan printer dengan komputer diperlukan sebuah kabel yang terhubung dari printer ke CPU komputer. Saat ini, merk produk printer yang sering digunakan diantaranya adalah Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, Lexmark dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih jelas tentang fungsi, jenis printer dan cara kerja printer, silahkan membaca kelanjutan artikel ini.

Fungsi printer
Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.

Jenis Printer

Printer Dot-Matrix
Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal 'bandel' (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.

InkJet Printer
Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.

Laser Printer
Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.

Sejarah perkembangan printer
Ketika orang-orang Cina pertama kali menemukan teknik percetakan pada abad ke-
14, mungkin ketika itu tidak terbayangkan kalau perkembangan teknik percetakan
dewasa ini akan maju sangat pesat melebihi bayangan yang ada pertama kali ketika
menemukan percetakan itu sendiri. Percetakan sendiri mungkin merupakan penemuan
yang paling penting pada milenium lalu, walaupun sebenarnya dampak yang
ditimbulkannya pada perekonomian global tidak terlalu besar.Sebaliknya,
perkembangan jaringan Internet sendiri mungkin tidak memiliki signifikansi yang
sama dibanding dengan teknologi pencetakan (bandingkan misalnya dengan
ditemukan percetakan bergerak yang ditemukan oleh Johann Gutenberg pada tahun
1450 yang memungkinkan Alkitab menjadi buku pertama yang diporduksi secara
massal-Red), atau dampak yang juga signifikan dibanding dengan ditemukannya
telegraf dan listrik. Tetapi, jaringan Internet memiliki dampak ekonomi yang sangat
luas. Salah satu alasannya adalah karena semakin menurunnya secara tajam biaya
komunikasi dibanding teknologi sebelumnya, memungkinkan penggunaan secara
meluas dan mendalam melalui berbagai liku-liku perekonomian nasional dan global.
Kenyataan ini mengisyaratkan kepada kita kalau sebuah penemuan yang tetap mahal,
seperti yang terjadi pada penemuan telegraf elektronik, akan memiliki dampak yang
sangat berkurang terhadap perekonomian maupun pada tingkatan penggunaan secara
individual. Dewasa ini, berbagai bentuk pengurangan komunikasi, baik itu secara
tertulis, oral, maupun visual, yang secara cepat berubah menjadi sebuah rangkaian
bilangan angka 1 (baca satu) dan 0 (baca nol), memiliki kekuatan untuk mendorong
sebuah dunia yang penuh dengan pengetahuan (knowledge) yang sama radikalnya,
setidaknya, dengan apa yang dilakukan oleh Gutenberg ketika menemukan teknik
percetakan bergerak.
Namun demikian, berbeda dengan teknologi Gutenberg yang secara perlahan mulai
terlihat meredup, revolusi teknologi komunikasi informasi yang sekarang ini
mewabah di seluruh dunia, menghasilkan sebuah dunia baru yang instan dan
berpotensi tidak terkontrol dalam komunikasi satu-per satu individu. Persoalan ini pun
akhirnya menimbulkan berbagai pertanyaan yang langsung ke akar berbagai
pemikiran, para orang pintar dan bijak di berbagai negeri mulai mempertanyakan
siapa yang memiliki informasi?
Masyarakat spasial mulai tergantikan dan berada pada posisi relokasi oleh munculnya
sebuah masyarakat semu (virtual). Sebuah tata ekonomi internasional baru mulai
menata diri di sekitar apa yang disebut sebagai cyberspace dan menantang secara
langsung otonomi negara-bangsa. Kalau kita kembali dan melihat ke belakang sejarah
dunia, misalnya, dampak teknologi komunikasi terhadap pelaksanaan pengembangan
kekuasaan sejak penemuan teknologi pencetakan, secara konsisten menunjukkan
adanya tantangan langsung terhadap para pemimpin di negara-negara Barat untuk
mengubah kebiasaan mereka. Sama halnya seperti ketika berbagai teknologi
ditemukan, selalu menghasilkan perubahan dalam stratgei dan taktik peperangan.
Referensi yang paling cocok kembali lagi pada penemuan teknologi pencetakan oleh
Johann Gutenberg pada abad ke-15. Percetakan secara mekanikal ketika itu, "dikutuk"
sebagai "pengacau" terhadap kekuasaan dan para penguasa alami ketika itu.
Ditemukannya teknologi percetakan, jelas telah membantu Martin Luther untuk
langsung menantang kekuasaan Gereja Katolik, dan tentunya juga kegagalan kepemimpinan Paus Leo X. Memang betul, pekerjaan Luther akan menjadi lebih sulitwalaupun ada percetakan sekali pun, kalau seandainya bukan karena tindakan seorangpaus serakah yang menjual kemewahan dan menjarah harta Vatikan.
Nirkertas
Dalam konteks dan kecenderungan seperti yang diuraikan, kita mencoba memahamibagaimana perkembangan teknologi percetakan yang sekarang ini sangat dipengaruhioleh pertumbuhan revolusioner jaringan Internet dan digitalisasi di bidang informasidan komunikasi dengan munculnya berbagai jenis printer di pasaran.
Kalau mengikuti logika perkembangan dan pertumbuhan ekonomi baru dengan
teknologi komunikasi informasi sebagai penggerak utamanya, kita pun akan mengira
kalau sebuah dunia nirkertas (paperless) akan menjadi sebuah kenyataan di tengah
gegap gempitanya digitalisasi. Tetapi, dan ini yang aneh, ini tidak terjadi. Tidak ada
apa yang namanya dunia nirkertas, dan bahkan kecenderungan yang muncul adalah
digitalisasi menghasilkan lebih banyak kertas dan lebih banyak tinta.
Ketika Kompas berada di kantor Hewlett Packard Indonesia di kompleks pertokoan
Plaza Senayan beberapa saat lalu dan melihat sebuah printer Deskjet 1220C (Kompas
sendiri tidak memiliki kesempatan untuk mencoba produk ini karena terjadi product
defect ketika pertama kali mengeluarkannya dari boks Deskjet 1220C) yang bisa
dicetak di atas kertas ukuran A3 (ukuran 29,7 cm x 42 cm) dan menanyakan apa
kegunaannya jenis printer seperti ini, salah satu salesman Hewlett Packard dengan
seenaknya memberikan jawaban, "Untuk proofing warna dan color matching."
Menurut Kompas ini adalah jawaban yang aneh. Ketika diteruskan dengan pernyataan
adanya jaringan Internet dan komputerisasi di berbagai perusahaan (di biro iklan
maupun percetakan, misalnya), sehingga sebenarnya tingkatan pekerjaan untuk
menyesuaikan warna dan mata rantai cetak mencetak bisa selesai dengan digitalisasi,
sang salesman Hewlett Packard ini pun masih dengan seenaknya memberikan
jawaban bahwa komposisi warna pada perangkat komputer PC ada yang RGB dan
CMYK, sehingga diperlukan printer agar tidak terjadi perbedaan warna yang
diinginkan, misalnya, kalau biro iklan ingin memasukkan iklan berwarna di Harian
Kompas.
Jawaban sang salesman Hewlett Packard ini menjadi sulit untuk diterima akal kalau
kita mengikuti paradigma digitalisasi dan perkembangan pesat jaringan Internet.
Paradigma ini mengisyaratkan bahwa adanya dimensi ruang dan waktu yang bisa
dipangkas dan menyederhanakan pekerjaan secara menyeluruh, sekaligus dari sisi
ekonomi terciptanya penghematan. Mengenai komposisi warna pada komputer PC
antara RGB dan CMYK yang berbeda-beda, jelas terjadi karena memang yang tidak
dipikirkan penjaja printer Hewlett Packard tadi adalah persoalan kalibrasi monitor
komputer PC pada masing-masing client harus dilakukan.
Dengan kalibrasi ini, maka warna biru 88 persen, merah 91 persen, maupun hijau 66
persen yang diinginkan oleh biro iklan ketika akan memasang iklan di media cetak
yang dikirim melalui file digital dengan memanfaatkan jaringan Internet atau jaringan
kerja metropolitan berkecepatan tinggi, akan diterima sesuai dengan permintaan
pemesan pemasangan iklan di bagian percetakan media tersebut. Ini adalah esensi paling penting dari dunia digitalisasi dan inter-koneksi yang sekarang terus
berkembang. Melalui kalibrasi, warna-warna tersebut akan tetap dibaca dan diterima
sebagai biru 88 persen, merah 91 persen, dan hijau 66 persen, dan tidak mungkin
berubah-ubah tidak menentu.
Persaingan harga
Namun demikian, terlepas dari persoalan kalibrasi atau tidak, tulisan ini sendiri
mencoba untuk melihat dan memahami ke mana sebenarnya kecenderungan dan arah
yang ingin ditempuh printer-printer yang tersebar luas di pasaran sekarang ini. Untuk
jenis printer laser mungkin perkembangan yang ada sekarang ini lebih mengarah pada
persaingan harga, ketimbang teknologi yang bisa dikembangkan lebih jauh di luar
kualitas cetakan dan kecepatan mencetak.
Ambil saja beberapa printer laser buatan Canon, Epson, dan Hewlett Packard yang
semuanya dijual dengan harga yang berkisar antara 275 dollar AS sampai 365 dollar
AS. Secara teknologi, printer laser LBP-1000 buatan Canon, EPL-5800L buatan
Epson, maupun LaserJet 1000 buatan Hewlett Packard semuanya memiliki teknologi
yang sepadan dengan kecepatan mencetak rata-rata di bawah 30 detik dengan resolusi
teks antara 300-1200 dpi (dot per inch). Pada kasus Canon LBP-1000 memang terjadi
pencetakan dengan waktu yang lebih lama karena koneksi yang disediakan antara
komputer PC dilakukan melalui sambungan paralel.
Ketika menguji kecepatan mencetak 21 halaman tulisan ini menggunakan komputer
PC pada prosesor Pentium 4 2,2GHz, Canon LBP-1000 memerlukan waktu yang
lebih lama pada kualitas 1.200 dpi, yaitu 02:34:989. Sedangkan pada kualitas 600 dpi,
waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan dokumen yang sama lebih cepat yaitu
02:15:780. Sedangkan pada printer Epson EPL-5800L, dokumen 21 halaman dicetak
pada dua jenis kualitas yang berbeda (600 dpi dan 300 dpi) masing-masing
menyesaikannya dengan selisih yang tidak begitu jauh, secara berturut-turut
02:21:156 dan 02:20:123. Dan pada printer LaserJet 1000 buatan HP pada kualitas
pencetakan 600 dpi dibutuhkan waktu 02:10:426.
Memang pada pencetakan teks, kecepatan 10 ppm (page per minute) merupakan hasil
maksimum yang bisa dicapai printer laser yang ditujukan untuk konsumen tingkat
low-end maupun bagi perusahaan skala kecil dan menengah. Dan akhirnya, harga
memang akan sangat menentukan (pada ketiga kelas ini, printer Epson EPL-5800L
dijual di pasaran sekitar 275 dollar AS, sedangkan printer sejenis buatan Canon dan
Hewlett Packard dijual dengan harga di atas 300 dollar AS).
Tidak berubah
Printer dengan teknologi laser tampaknya memang akan terhenti sejenak karena di
luar kecepatan dan kualitas dpi, para produsennya mungkin tidak berminat untuk
mengembangkan lebih jauh misalnya untuk memperbaiki kualitas cetakan setara
dengan teknologi ink-jet yang sekarang menjadi sebuah kecenderungan pesat dengan
semakin terintegrasinya multimedia dalam berbagai bentuk. Jadi, pada akhirnya yang
terjadi adalah persaingan pada perusahaan printer laser mana yang bisa menghemat
biaya berbagai komponennya untuk menyediakan printer jenis ini ke konsumen.
Cetak mencetak memang belum menjelang ajal dan menjadi industri "sunset"
dibanding misalnya industri lain seperti fotografi atau film seluloid yang biasa
digunakan pada kamera 35 mm. Bagaimanapun juga, berbagai dokumen yang
berkaitan dengan masalah hukum, seperti kontrak, perjanjian kerja, dan sejenisnya,
masih tetap akan menjadi pegangan semua pihak dalam menjalankan usahanya yang
terkait dengan pihak-pihak lain.
Alasan lainnya, memegang kertas untuk masih tetap lebih nyaman dibanding
membaca dari layar monitor. Pada alasan ini terkiat persoalan portabilitas,
kenyamanan, dan kebiasaan yang memang sulit untuk dicarikan penggantinya.
Mungkin perlu juga dilakukan skala penggunaan dan kebiasaan, apakah di antara 10
orang yang memiliki PDA (Personal Digital Assistant) yang sekarang merupakan
fenomena penting dalam perjalanan digitalisasi dan multimedia, ada di atas lima
orang yang membaca di atas PDA-nya.
Sekarang ini menjadi sulit untuk melihat kecenderungan cetak-mencetak di masa yang
akan datang, dan orang pun akan merasa puas dan cukup membaca dokumen tercetak
dengan kualitas 600 dpi. Jadi pada teknologi pencetakan jenis teks nantinya masih
tidak akan berubah banyak dibanding dengan yang ada sekarang di pasaran. Semakin
banyak printer laser yang ditawarkan di pasaran, semakin banyak kertas yang
dibutuhkan untuk mencetak berbagai keperluan yang tidak pernah akan selesai.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar