slide

Minggu, 24 Oktober 2010

PIS 10-07 CPU-Z








Teman -teman semua, saya ada info tentang CPU - Z, moga bermanfaat ,,,,  ^_^
CPU-Z adalah sebuah tool yang akan mengumpul maklumat penting dari komponen utama daripada komputer anda seperti CPU, Mainboard dan Memory.
CPU-Z adalah sebuah utiliti yang mengumpul maklumat tentang beberapa peranti utama dari sistem Anda. CPU-Z perlu dipasang, hanya unzip fail dalam direktori dan klik file exe,kemudian tunggu sehingga proses pemasangan selesai .Untuk memadam program, hanya membuang fail. Program ini tidak menyalin setiap fail dalam direktori Windows, atau menulis kepada registri.
CPU-Z merupakan sebuah software utility gratis yang fungsi utamanya adalah pengumpul informasi pada beberapa hardware di dalam sistem Anda. Program ini tidak membutuhkan penginstalan untuk menjalankannya, Anda hanya membutuhkan program ekstraksi file seperti Winzip atau sejenisnya untuk mengekstrak file program CPU-Z ke direktori harddisk dan jalankan .exe nya.
Ada dua pilihan untuk program ini, pertama CPU-Z yang diinstal dan CPU-Z tidak perlu diinstal.
Untuk CPU-Z yang tidak diinstal cukup unzip file hasil download ke dalam sebuah direktori dan tinggal jalankan file .exe.  Dan program ini tidak menyalin file ke sistem Windows, jadi tenang saja, kalau mau menghapusnya, tinggal delete filenya.
Program ini tidak akan tersalin ke direktori-direktori Windows dengan sendiri, dan tidak akan meninggalkan jejak pada System Registry.
beberapa fungsi dari CPU-Z ini adalah :
  • Menampilkan beberapa informasi mengenai CPU Anda. Seperti nama dan nomor prosesor, core voltage, clock internal dan external, ataupun clock multiplier.
  • Menampilkan informasi mengenai Motherboard, seperti menampilkan vendor pembuat, model motherboard, dan revisi. CPU-Z juga akan menampilkan model BIOS yang ada pada Motherboard bersangkutan.
  • Menampilkan informasi mengenai Memory, seperti frekuensi dan timing memory sistem, dan juga akan menampilkan versi dari DirectX dan Windows.

ü  CPU
- Nama dan nomor.
- Langkah Dan Pemprosesan Core.
- Pakej.
- Voltan Core .
- Internal (dalaman) dan External(luaran) clocks, clock multiplier.
- Menyokong set arahan.
-Peringkat semua cache (lokasi, saiz, kelajuan, teknologi).
ü  Mainboard
motherboard A adalah pusat tercetak papan sirkuit (PCB) dalam komputer modern dan memegang banyak komponen penting dari sistem, sambil memberikan konektor untuk peripheral lain. Motherboard ini kadang-kadang alternatif dikenal sebagai papan utama, board sistem, atau, pada komputer Apple, dewan logika. [1] Hal ini juga kadang-kadang santai disingkat mobo
- Vendor, model dan semakan.
- Model dan tarikh BIOS.
- Chipset (Northbridge dan Southbridge) dan sensor.
- Antaramuka grafik.
ü  Instruction pada prosesor
Informasi akan ditampilkan pada bagian Instructions pada CPU tab, jika menampilkan EM64T (Intel Processor) atau AMD64 (AMD Processor). Jadi jika menampilkan kedua status tersebut, berarti anda dapat menginstalkan Windows versi 64-bit.
Disingkat dengan MMX. Sebuah set instruksi tambahan (Multimedia Extension) yang diintegrasikan ke dalam CPU oleh Intel sejak masa Pentium MMX CPU, didesain untuk mempercepat prosesor dalam menjalankan aplikasi multimedia. Menurut Intel, sebuah PC dengan mikrorprosesor MMX dapat menjalankan aplikasi multimedia hingga 60% lebih cepat daripada prosesor lain dengan kecepatan yang sama namun tanpa MMX. Selain itu mikroprosesor yang dilengkapi dengan MMX menjalankan aplikasi lainnnya lebih kurang 10% lebih cepat.
SSE kependekan dari Streaming SIMD Extension
SSE2 kependekan dari Streaming SIMD Extension 2
SSE3 kependekan dari Streaming SIMD Extension 3
SSSE3 kependekan dari Supplemental Streaming SIMD Extension 3

Secara bersamaan, pada saat itu, pesaing Intel yaitu AMD, juga sedang mengembangkan teknologi yang sejenis. Teknologi tersebut diberi nama ‘3Dnow!’. Intel-pun segera mengikuti perkembangan ini. Kurang lebih dua tahun kemudian, Intel menghasilkan teknologi baru yang disebutnya SSE, yang merupakan hasil pengembangan dan penyempurnaan dari teknologi MMX. SSE merupakan set pengembangan yang lebih besar dari instruksi SIMD, dengan dukungan floating point 32 bit dan penambahan set register-register vektor 128 bit, yang memudahkan operasi SIMD dan FPU dalam waktu yang bersamaan.
SSE dikembangkan lagi menjadi SSE2, yang juga mengembangkan instruksi-instruksi MMX sehingga dapat beroperasi pada register XMM 128 bit. SSE dan SSE2 merupakan teknologi eksklusif yang hanya terdapat pada prosesor Intel. Teknologi SSE diterapkan pertama kali pada prosesor Intel Pentium III yang benama sandi Katmai, sehingga sering juga disebut dengan nama Katmai New Instructions (KNI). Keuntungan teknologi ini antara lain:
o Pencapaian resolusi yang lebih tinggi dan kualitas tampilan gambar yang lebih bagus pada software-software grafis.
o Kualitas yang lebih tinggi untuk aplikasi multimedia, seperti encoding dan decoding audio dan video MPEG2.
o Mengurangi beban kerja CPU untuk keperluan speech recognition.
o Meningkatkan akurasi serta respon yang lebih cepat ketika menjalankan aplikasi speech recognition
SSE2 pertama kali diterapkan pada prosesor Pentium 4 yang diperkenalkan pada tahun 2001. Jika pada SSE memiliki 70 instruksi, maka pada SSE2 memiliki tambahan 144 instruksi baru.
Intel terus mengembangkan teknologinya, hingga pada tahun 2004, berhasil menciptakan teknologi SSE3 yang merupakan perkembangan dari SSE2. SSE3 memiliki 13 tambahan instruksi baru, atau dengan kata lain SSE3 memiliki 13 instruksi lebih banyak daripada SSE2. Teknologi SSE3 ini diberi nama sandi Prescott New Instruction (PNI), pertama kali diterapkan dan diperkenalkan pada revisi prosesor Prescott (golongan Pentium 4).
Dan sekarang, SSE3 telah dikembangkan menjadi SSSE3, dan diberi nama sandi Tejas New Instruction (TNI) atau Merom New Instruction (MNI). Teknologi SSSE3 tersebut sudah diterapkan pada prosesor yang menggunakan mikroarsitektur Intel Core, misalnya pada prosesor Intel Xeon 5100 series yang merupakan prosesor kelas server, dan prosesor Intel Core 2 untuk kelas desktop dan mobile. SSSE3 memiliki tambahan 16 instruksi baru yang bersifat diskrit.
Di sisi lain, AMD juga mengembangkan kemampuannya, dan memperkenalkan teknologi Enhanced 3Dnow!, kemudian 3Dnow! Profesional untuk menandingi seri teknologi SSE yang dikeluarkan oleh Intel.
ü  Clocks

Kemampuan untuk dokumen clock speed membuat alat penting untuk motherboard overclocker, sebagai cara untuk membuktikan kecepatan CPU dicapai oleh berbagai percobaan. CPU-Z adalah sepele mudah digunakan–klik dua kali program dan melihat hasilnya. CPU, cache, Memory, dan banyak lagi semua ditampilkan.

ü  Code Name
Nama Kode Prosesor (Inggris: Processor Codename) merupakan sebutan bagi jenis-jenis purwarupa (prototipe) prosesor-prosesor yang masih ada dalam pengembangan. Intel, AMD, VIA Cyrix umumnya memberikan nama kode kepada prosesor mereka kepada publik (utamanya kepada para wartawan dan reviewer perangkat keras), sebagai tanda bahwa mereka sedang mengembangkan produk baru.
ü  Memory
- Frekuensi dan timing.
- Module (s) spesifikasi menggunakan SPD (Serial Presence Detect): vendor,nombor siri dan timings table.
ü  Sistem
-Windows dan versi DirectX.
ü  SPD
SPD adalah nilai default memori Anda akan di boot. Sebagai contoh, katakanlah memori Anda memiliki rating pc 6400 (alias 400 mhz / 800MHz dar) di timing 4-4-4-12 di 2,1 vDIMM. Karena kebanyakan motherboard memiliki vDIMM default 1,8, timing spd mungkin terdaftar sebagai 5-5-5-18. Ini biasanya tercatat pada tongkat apa tegangan dan timing yang direkomendasikan. Biasanya memori berisi spd waktu untuk beberapa mhz dalam beberapa kasus motherboard tidak mendukung mhz lebih tinggi atau membuat default ram ke mhz serendah mungkin.

Cara terbaik untuk memeriksa apa memori Anda benar-benar berjalan pada adalah untuk memeriksa tab memori di cpu-z tJoker seperti kata. Jika memori tidak berjalan di timing dinilai tongkat, u akan harus masuk ke bios dan mengatur timing dan tegangan secara manual.

Tujuan dari overclocking adalah untuk mendapatkan komponen Anda untuk berjalan pada potensi maksimal mereka. Dengan memori, ada trade off antara mhz dan timing. Sampai titik tertentu, latency rendah akan memiliki mendapatkan kinerja lebih mhz lebih tinggi. Cara terbaik untuk menguji pengaruh vs mhz latency pada komputer Anda adalah trial and error. Pilih patokan, seperti menandai pc, tanda 3d, dll dan tes komputer Anda di latency berbeda dan mhz, mencoba untuk menemukan kombinasi yang melakukan yang terbaik, menjalankan mhz stabil maksimum pada latency yang berbeda.

ü  Apa yang Baru di CPU-Z 1.55 Final:
- VX900/VX900M dan chipset VIA VN1000/VN1000M.
- Intel Core i5-760, Core i5-655K-875K prosesor i7 dan Core.
- Intel Core i7-940XM, 840QM, 740QM mobile prosesor.
- Intel Core i5-450 juta, 540UM, 430UM, prosesor mobile Core I3-370M.
- Intel Pentium P6000 prosesor.
- Parameter baru di cpuz ini: Menggunakan Display API
CPU-Z merupakan  sebuah freeware yang dapat digunakan untuk mengetahui informasi tentang CPU dan Hardware yang kita gunakan. CPU-Z tidak perlu untuk diinstall, cukup diekstrak dan langsung dijalankan pada file cpuz.exe. Untuk remove program ini cukup menghapus file programnya saja. Dan CPU-Z hanya dapat dijalankan pada Microsoft Windows operating systems.
CPU-Z is a freeware utility that provides some information on your CPU :
  • Processor name and vendor
  • Core stepping and process
  • Processor package
  • Processor current core voltage
  • Internal and external clocks, clock multiplier
  • Partial overclock detection
  • Processor features, including supported instructions sets.
  • L1 and L2 cache informations : location, size, speed, technology.
  • Motherboard informations : BIOS, chipset, memory, AGP.
Change Log :
  • AMD Phenom II processor.
  • New Intel Core 2 models.
  • Improved loading time.
  • New online validation process.
  • New Hall of Fame.

Supported Hardware – Our kit supports the following hardware :
Processors
  • Intel® Pentium™, Pentium™ MMX, Pentium™ Pro, Pentium™ II, Pentium™ !!!, Pentium™ !!!-M, Pentium™ 4, Pentium™ 4-M, Pentium™ M, Pentium™ D, Pentium™ XE, Pentium™ Dual Core, Core™ Solo, Core™ Duo, Core™ 2 Duo, Core™ 2 Quad, Core™ 2 Extreme, Celeron™ (P2/P3/P4/PM/CL) and Xeon™ (P2/P3/P4/C2D/C2Q) ; Core™ i7 ; Itanium™, Itanium™  ;
  • AMD® Am5x86, K5™, Geode LX, K6™, K6™-2, K6™-III, K6™-2+, K6™-III+, Athlon™ (4, XP, MP), Duron™, Sempron™ (K7/K8), Athlon™ 64, Athlon™ 64 X2, Turion™, Opteron™, Athlon™ FX, Phenom™ ;
  • VIA® C3™ (Samuel, Samuel2, Ezra, Ezra-T, Nehemiah), C7™, C7™-M, Nano™ ;
  • Transmeta® Crusoë™ TM3200, TM5400, TM5500, TM5600, TM5800 ;
Chipsets
  • Intel® i430TX, i440LX, i440FX, i440BX/ZX, i810/E, i815/E/EP/EM, i840, i845, i845E, i845G, i850/E, i845PE/GE, E7205, E7500, E7520, i852, i855, i865P/PE/G, i875P, i915P/G, i915PM/GM, i925X/XE, i945P/PL/G/GZ, i945PM/GM/GT, i955X/XE, P965, Q965, G965, GL960/GM965/PM965, i975X, P35, G33, G31, Q35, Q33, X38, X48, P45, X58 ;
  • VIA® Apollo VP3, Apollo Pro, Apollo Pro +, Apollo Pro 266, KX133, KT133(&A), KT266(&A), KT400(&A), KT600, P4X266(&A), PT880, PT880 Pro, K8T800, K8T890, K8T900, P4M800CE, P4M890, P4M900, CX700/VX700 ;
  • NVIDIA® nForce, nForce2, nForce3, nForce4, nForce4 SLI Intel Edition, GeForce 6100/6150 (nForce 410/430), nForce 520/550/560/570/590, GeForce 7050/7100/7150, 650i, 680i, 750a/780a, 750i, 780i, 790i ;
  • ATi® RS350, RS400, RS480/RX480, RS482, RD580/RX580, RS600/RD600, RS690, RS700, RD790 ;
  • SiS® 645, 645DX, 648, 648FX, 649, 655FX, 655TX, 656, 662, 735, 756, 761GX, 760, 760GX, 755, 755FX, 741, 741GX, 671/FX/DX/MX ;
  • AMD® AM-751, AM-761, AM-762 (760MP) ;
Memory Technologies
  • SDR, DDR, DDR2, FB-DDR2, DDR3, RDRAM (Rambus®) ;
  • EPP and XMP extended profiles ;
Jadi dengan freeware ini kita bisa mengetahui spesifikasi yang dimiliki oleh sebuah PC/NoteBook. Sehingga kita tidak salah memilih jika ingin membeli sebuah PC/NoteBook second. Untuk download freeware ini ada pada link download dibwah ini
CPU-Z merupakan  suatu aplikasi yang memberikan informasi mengenai perangkat utama yang terdapat pada komputer, baik desktop maupun notebook. CPU-Z akan menampilkan data atau informasi seputar CPU (nama dan kecepatan prosesor), Mainboard terutama vendor, model, bios, chipset dan graphic interface.  Juga menampilkan info seputar memori dan system yang digunakan plus DirectX.
CPU-Z adalah software yang berukuran kecil. Saat ini CPU-Z mengeluarkan versi terbarunya, yaitu versi 1.55.


1 komentar: